oleh

Wuih, Sebuah Perusahaan di California Berencana Produksi Massal Baju Baja ‘Iron Man’

Kabar6-Mengenakan baju baja pelindung tubuh berteknologi tinggi yang membuat Anda menjadi super kuat dan tak kenal lelah bak tokoh dalam film superhero Iron Man, kini bukan lagi sebatas khayalan atau mimpi.

Sebuah teknologi yang disebut eksoskeleton akan mewujudkan impian itu. Kehadiran eksoskeleton, melansir BBC, mulai dilirik untuk diproduksi secara massal. Adalah SuitX California, perusahaan yang saat ini mulai memproses baju baja tersebut.

“Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa perangkat ini pada akhirnya akan dijual di toko perangkat keras,” kata Homayoon Kazerooni, pendiri SuitX. “Setelah harganya turun, Anda akan dapat membelinya di Home Depot.”

Secara sederhana eksoskeleton dapat digambarkan sebagai perangkat eksternal yang mendukung, menutupi, dan melindungi penggunanya, serta memberikan tingkat kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi. Kadang perangkat ini juga disebut sebagai ‘wearable robots’ atau robot yang dikenakan pada tubuh manusia.

Eksoskeleton bertenaga baterai dan dioperasikan dengan komputer, menggabungkan sistem motor dan hidrolik. Atau bisa juga lebih sederhana, berupa desain pasif yang menggunakan pegas dan peredam.

“Integrasi manusia dan mesin ke dalam satu sistem membuka peluang baru,” terang Adrian Spragg, pakar teknologi di konsultan manajemen Accenture.

Menurut Spragg, banyak aplikasi awalnya berfokus pada aplikasi di bidang militer dan medis, tetapi dalam beberapa tahun terakhir bermunculan banyak penggunaan dalam berbagai industri.

Ekspansi ini, yang disertai dengan kemajuan pesat dalam teknologinya, telah membuat eksoskeleton semakin banyak digunakan oleh pekerja manufaktur. ** Baca juga: Ajak Istri Jalan-jalan Pakai Helikopter Dinas Kerajaan, Pangkat Seorang Perwira Polisi di Thailand Diturunkan

Versi untuk konsumen sekarang sedang dikembangkan untuk membantu banyak orang agar lebih mudah melakukan berbagai hal mulai dari pekerjaan swakriya (DIY), hingga berjalan, menaiki tangga, dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Prof Kazerooni, yang juga direktur Laboratorium Robotika dan Rekayasa Manusia Universitas California, mengatakan bahwa manfaat utama eksoskeleton buatan perusahaan itu adalah mencegah kelelahan otot.

“Kami telah menunjukkan bahwa aktivitas ototdi punggung, bahu, dan lutut turun hingga 50 persen. Jika aktivitas otot turun, itu berarti risiko cedera otot berkurang,” jelas Prof Kazerooni.

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru