oleh

Wow, Telur Pecah Kini Paling Diburu dan Jadi Primadona

Kabar6-Kenaikan harga sejumlah komoditi pangan pokok membuat kalangan ibu rumah tangga harus jeli mengatur keuangan belanja. Seperti lebih memilih beli telur yang kulit cangkangnya telah pecah lantaran alasan faktor ekonomis.

“Dua hari bisa habis 30 peti. Sekarang pada milih telur seperti ini ketimbang yang normal,” kata Tuti, pemilik Agen Nova Telur di pasar tradisional Ciputat kepada kabar6.com seraya menunjuk tumpukan telur pecah, Selasa (16/7/2013) sore.

Tuti menjelaskan, harga telur kualitas bagus sekarang sudah mencapai Rp 21 ribu per kilogram. Padahal harganya hanya Rp 17 ribu per kilogram.

Bila sebelum harga telur melonjak diikuti dengan kenaikan bahan bakar minyak. Pelanggan telur pecah, terang Tuti, dari kalangan pengusaha pembuatan kue kering dan basah. Tapi sekarang sudah ibu rumah tangga yang banyak beli telur pecah.

“Alasannya cari yang harganya miring-miring dikit. Sebenarnya kualitas telurnya bagus cuma cangkangnya aja yang pecah atau retak,” jelasnya.

Ditempat sama, Yanti, konsumen telur mecah mengaku terpaksa melupakan telur kualitas bagus. Sebab harga telur sekarang mencekik kantong. Apalagi selisih harga telur yang utuh dengan pecah cukup lumayan.

“Telur yang pecah gini kan cuma Rp 16 ribu per kilonya. Lumayan kan sisanya bisa buat beli mecin (vetsin) dan garam,” ujarnya tersenyum getir.(yud)

Berita Terbaru