oleh

Wow! Salamander yang Hidup di Gua Bosnia dan Herzegovina Sanggup Tak Bergerak Selama 7 Tahun

Kabar6-Sebuah riset yang diterbitkan dalam Journal of Zoology menjelaskan bagaimana hewan berjenis salamander yang tinggal di sebuah gua di Bosnia dan Herzegovina dapat berdiam diri tanpa bergerak selama 2.569 hari atau tujuh tahun.

Salamander adalah nama umum bagi sekira 550 spesies amfibi. Mereka secara umum dicirikan oleh penampilan mirip kadal, dengan tubuh ramping, hidung pendek, dan ekor yang panjang.

Dalam penelitiannya, melansir themediatimes, para ilmuwan memantau sekelompok salamander Eropa yang disebut olm. Tanpa ada predator alami, amfibi ini tak perlu takut diburu atau berlari mencari tempat berlindung. Tak ada alasan juga buat salamander Eropa untuk berjalan tergesa-gesa. Mengingat olm bisa hidup selama satu abad, mereka punya banyak waktu untuk menghabiskan sisa hidupnya di suatu tempat, dan sekali lagi, tanpa bergerak.

Sifat pemalas olm juga terlihat saat bereproduksi yang hanya terjadi setiap 12,5 tahun sekali. Kondisi ini membuat mereka punya banyak waktu untuk benar-benar diam tanpa gerak.

Untuk mencari tahu seberapa aktifnya olm, tim peneliti menandai dan memantau total 26 salamander yang hidup di Vruljak, sebuah gua berukuran panjang 350 meter. Pemantauan dimulai pada 2010 hingga 2018.

Setelah 100 hari berlalu, para ilmuwan mulai mengecek masing-masing salamander. Mereka hanya menemukan 10 pergerakan dari total olm yang diteliti. Uniknya, pergerakan yang olm lakukan tidak lebih dari 10 meter, dan hanya satu olm yang bergerak 20 meter.

Menurut periset, rata-rata salamander bergerak sekira lima meter dalam setahun, kendati ada satu individu yang terlihat hiperaktif dengan bergerak 38 meter dalam waktu 230 hari. Ada juga individu yang tidak bergerak satu inci pun selama tujuh tahun.

Meski hidup dalam kegelapan (buta), olm memiliki indera penciuman dan kemampuan akuatik yang sangat baik. Mereka juga bisa merasakan medan magnet Bumi, sehingga matanya yang buta bukan halangan untuk mereka bergerak, termasuk berburu mangsa dan kawin.

Seorang penulis studi dari Eötvös Loránd University di Hungaria bernama Gergely Balázs, mengklaim sifat salamander yang hanya duduk dan diam dalam keheningan ekstrem tak lain karena mereka lebih memilih menghemat energi, menunggu krustasea kecil untuk dimakan ketimbang bergerak mengejarnya.

Jadi bisa berarti, seekor olm berdiam diri, duduk di antara bebatuan dalam gua hingga bertahun-tahun hanya untuk menunggu makanan datang. Di sisi lain, olm mungkin punya kekhawatiran atau alasan tertentu kenapa mereka enggan bergerak. ** Baca juga: Curi Perhatian, Seekor Anjing Liar Bantu Sekelompok Anak Menyeberang Jalan

Salah satunya karena tingkat reproduksi olm yang rendah membuat mereka tidak siap menghadapi perubahan pada habitatnya, terutama pada perubahan iklim akibat ulah manusia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru