oleh

Wow, Lebak Cetak Sawah 5.000 Hektar

Kabar6-Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak melalui bantuan program Kementerian Pertanian, mencetak sawah baru seluas 5.000 hektar dalam rangka mendukung produksi pangan secara nasional.

“Percetakan sawah baru itu dilakukan di sejumlah wilayah kecamatan di Lebak,” kata Dede Supriyatna, Kepala Dinas Pertanian Lebak di Rangkasbitung, Jumat (25/10/2013).

Ia menyebutkan, selama ini produksi pangan di Kabupaten Lebak surplus sekitar lima hingga 10 persen dari rata-rata target nasional 5,6 ton gabah kering pungut (GKP) per hektar. Produksi pangan Kabupaten Lebak bisa mencapai 6,0 ton GKP per hektar.

“Karena itu, petani Lebak mendapat bantuan percetakan sawah baru seluas 5.000 hektar untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Percetakan sawah baru itu di lahan milik masyarakat yang memiliki saluran irigasi desa,” ujar Dede.

Percetakan sawah baru untuk tahun ini, jelas Dede, tersebar di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Cirinten, Cilograng, Cileles, Banjarsari, Malingping, Cibeber, dan Panggarangan. Baca juga: Andika Desak Pemerintah Fokus Kembangkan Potensi Pertanian Banten.

Ketujuh kecamatan ini dinilai sangat potensial untuk pengembangan sentra produksi pangan, karena selain lahan luas juga terdapat 15 daerah irigasi teknis. Baca juga: Sawah di Lebak Kekeringan, Produksi Pangan Terancam.

“Kami yakin percetakan sawah baru itu dapat meningkatkan produksi pangan di Kabupaten Lebak dan juga mendorong target surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014,” kata Dede optimis.(ant/jus)

 

Berita Terbaru