oleh

Wow, Ini Dia Manusia yang Dibesarkan Oleh Binatang

Kabar6-Pernah membaca atau menonton film tentang Tarzan, manusia yang dibesarkan oleh kingkong? Ternyata dalam kehidupan nyata, kisah manusia dibesarkan oleh binatang itu benar-benar ada.

 

Tidak hanya perilaku, mereka pun berkomunikasi layaknya binatang yang mengasuhnya. Siapa saja manusia yang dibesarkan oleh hewan itu?

 

1.Ukraina Dog Girl

Sejak usia tiga tahun hingga delapan tahun, seorang gadis bernama Oxana Malaya, ditinggalkan di sebuah kandang anjing oleh orangtuanya. Saat ditemukan pada 1991, Malaya tidak bisa berbicara. Gadis malang itu hanya bisa menggonggong dan berlari sambil merangkak.

 

Sewaktu usianya menginjak 20-an, Malaya diajar untuk berbicara, meskipun masih mengalami gangguan kognitif. Kabar terakhirm Malaya bekerja merawat sapi-sapi di sebuah peternakan dekat rumah sakit jiwa di mana dia tinggal.

 

2.Cambodia Jungle Girl

Saat sedang menggembalakan kerbau di sepanjang tepi hutan Kamboja, Rochom P’ngieng yang saat itu berusia delapan tahun, menghilang secara misterius. ** Baca juga: Dahsyatnya Senjata Tradisional Jepang Ini

 

Pada 2007 atau delapan belas tahun kemudian, seorang warga melihat seorang perempuan telanjang menyelinap di sekitar halaman rumahnya, dan  mencoba untuk mencuri beras.

 

Bekas luka di punggungnya menunjukkan kalau perempuan itu adalah Rochom P’ngieng, si anak hilang. Gadis yang tidak dapat mempelajari bahasa lokal atau beradaptasi dengan budaya lokal itu akhirnya melarikan diri kembali.

 

3.Ugandan Monkey Boy

Setelah melihat sang ibu dibunuh oleh ayahnya, John Ssebunya yang saat itu berumur empat tahun melarikan diri ke hutan. Konon, John dibesarkan oleh pasukan monyet vervet hingga akhirnya ditemukan pada 1991.

 

John pun diajarkan cara berbicara dan menyanyi. Bahkan dia telah bergabung dengan paduan suara anak-anak Mutiara Afrika.

 

4.Victor of Aveyron

Kisah Victor barangkali merupakan kisah anak liar yang paling terkenal, hingga dibuat film berjudul “L’Enfant Sauvage”. Meskipun asal-usulnya adalah misteri, banyak orang percaya kalau Victor menghabiskan masa kanak-kanaknya telanjang dan sendirian di hutan sebelum diketahui masyarakat pada 1797.

 

Setelah beberapa kali menampakkan diri, Victor akhirnya menampakkan dirinya di dekat Saint-Sernin-sur-Rance, Perancis, pada 1800.

 

Victor pun menjadi subjek untuk para filsuf dan ilmuwan yang penasaran perihal asal usul bahasa dan perilaku manusia, meskipun dalam perkembangannya kemajuan mengenai kecerdasan victor tidak terlalu maju.

 

5.Madina

Mirip seperti kisah Oxana Malaya. Madina ditinggalkan oleh kedua orangtuanya, hingga ditemukan kembali saat berusia tiga tahun.

 

Madina yang diasuh oleh anjing, saat ditemukan hanya dapat mengucapkan dua kata, ya dan tidak, meskipun ia lebih suka menggeram seperti anjing. Beruntung gadis itu dinyatakan sehat secara mental dan fisik oleh tim medis.(ilj)

Berita Terbaru