oleh

Wow! Ini 5 Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia

image_pdfimage_print

Kabar6-Pada April lalu, Forbes telah merilis daftar negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia, yang hasilnya terdapat 2.781 orang dalam daftar ‘Miliarder Dunia’ versi Forbes, dengan total seluruh kekayaan mencapai US$14,2 triliun.

Para miliarder yang berasal dari 78 negara ini juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 77 negara. Maka jumlah uang para miliarder di dunia pun jumlahnya lebih banyak dibanding 2023. Melansir Forbes, ini lima negara dengan miliarder terbanyak di dunia:

1. Amerika Serikat (AS)
AS memiliki 813 orang miliarder dengan total kekayaan sebesar US$5,7 triliun. Taylor Swift, Magic Johnson NBA Legend, dan CEO OpenAI Sam Altman termasuk 97 miliarder baru yang tergabung.

Sebanyak 14 dari 20 orang terkaya di dunia merupakan warga AS, delapan di antaranya masuk dalam jajaran 10 besar. Orang terkaya di AS ditempati oleh Elon Musk yang memiliki total kekayaan US$195 miliar.

Namun, orang paling kaya di dunia adalah Bernard Arnault dari Prancis yang merupakan CEO raksasa barang mewah LVMH, dengan kekayaannya diperkirakan US$233 miliar.

2. Tiongkok
Tiongkok menempati urutan kedua, yaitu 406 miliarder yang jumlahnya menurun dari 496 orang kaya pada tahun lalu. Total kekayaan yang dimiliki adalah US$1,3 triliun.

Penyebab menurunnya kekayaan Tiongkok terjadi di bidang properti yang juga bersamaan dengan terpuruknya pasar saham selama tiga tahun terakhir. Orang terkaya di Tiongkok tersebut ditempati oleh Zhong Shanshan dengan total kekayaan US$62,3 miliar.

3. India
India berada di urutan ketiga dengan jumlah 200 miliarder yang jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya, 169 miliarder. India juga memiliki 25 miliarder baru tahun ini. Total kekayaan yang dimiliki adalah US$954 miliar.

India juga mempunyai dua orang miliarder yang berada di 20 orang terkaya di dunia, yaitu Mukesh Ambani, ketua konglomerat Reliance Industries, berada di peringkat ke-9 dan Gautam Adani, ketua konglomerat Adani Group yang berbasis di Ahmedabad, berada di peringkat ke-17.

4. Jerman
Jerman memiliki 132 orang miliarder tahun ini, meningkat dari jumlah tahun sebelumnya, 126 orang. Jumlah kekayaan bersih yang dimiliki sebesar US$644 miliar.

Orang yang paling kaya memiliki kekayaan US$39,2 miliar yaitu Klaus-Michael Kühne. Jerman juga memiliki miliarder baru yaitu Martin Klenk, Bastian Nominacher dan Alexander Rinke, tiga pendiri unicorn pemrosesan data Celonis yang berbasis di Munich.

5. Rusia
Rusia menempati urutan ke-5 negara dengan miliarder terbanyak di dunia yaitu sebanyak 120 orang, meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 105 orang. Rusia terus menikmati peningkatan kekayaan meskipun berperang dengan Ukraina.

Total kekayaan seluruhnya adalah US$537 miliar. Orang paling kaya di Rusia yaitu Vagit Alekperov dengan kekayaan US$28,6 miliar.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email