oleh

Wow, Ada 73 Ribu Penganggur di Kota Tangerang

Kabar6-Berdasarkan informasi Bursa Kerja Online di website Disnaker Kota Tangerang, jumlah pencari kerja yang tergabung lebih dari 25 ribu orang. Terdiri dari 13 ribuan pelamar laki-laki dan 12 ribuan pelamar perempuan.

Sementara jumlah perusahaan yang membuka lowongan sebanyak 47 perusahaan.

“Kita akan mencoba memaksimalkan kembali kekuatan internet guna memudahkan proses inputing data pencari kerja dan lowongan kerja yang ada,” kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja pada Disnaker Kota Tangerang, Mahdia, Minggu (2/11/2014).

Sedangkan, untuk jumlah angka pengangguran yang ada di Kota Tangerang sendiri, tercatat ada sebanyak 73.000 orang.

Jumlah tersebut pun terdiri dari 12.000 pengangguran murni dan 61.000 pengangguran setengah terbuka. Akibatnya, jumlah antara pencari kerja dan lowongan yang tersedia pun tidak seimbang.

Kadisnaker Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, dalam rangka mengurangi angka pengangguran, pada  2015 mendatang pihaknya bakal menambah pelatihan bagi calon tenaga kerja di Balai Latihan Kerja yang selama ini sudah berjalan.

Penambahan pelatihan ini, imbuh dia, akan dilakukan bersama dengan beberapa lembaga yang berkompeten agar pelatihan dapat berjalan maksimal.

“Pelatihan yang ditambah seperti security, perhotelan, mekanik pesawat dan ada beberapa lagi yang jenis kerjanya saat ini sangat dicari,” kata Abduh.

Dan, untuk konsep angkatan pelatihan, kata Abduh, pihaknya masih menerapkan metode yang sama dengan sebelumnya, dimana satu angkatan berjumlah 20 orang, akan mendapatkan pelatihan hingga 60 hari secara gratis dibiayai oleh pemerntah. **Baca juga: Disnaker Tangerang Layani Kartu Kuning Online.

“Nantinya mereka akan disalurkan setelah mendapatkan pelatihan, dengan demikian diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran,” pungkasnya.(Ges)

Berita Terbaru