oleh

Waspadai Makanan Sehari-hari yang Miliki Kadar Gula Tinggi

Kabar6-Berdasarkan berbagai penelitian disebutkan, kadar gula tinggi dapat meningkatkan faktor risiko terkena penyakit mulai dari obesitas, kencing manis hingga kanker.

Sayangnya sejak kecil kita sudah terbiasa mengonsumsi gula, sehingga sulit untuk dipisahkan. Selain itu, banyak produsen makanan dan minuman menjual produk berkadar gula tinggi. Dilansir Readersdigest, berikut adalah jenis makanan yang mempunyai kadar gula tinggi:

1. Gula pasir, cair, maupun pemanis lain
Gula pasir atau gula cair sudah tentu merupakan makanan manis. Namun jangan hanya memperhatikan gula biasa saja. Pemanis buatan pun juga mengandung gula yang tinggi seperti brown sugar memiliki kandungan 97 persen gula. Madu memiliki kandungan gula sebanyak 82 persen, sirup sebesar 75 persen. Jika harus memilih pemanis alami, maka pilihlah gula tebu yang memiliki 55 persen kadar gula.

2. Minuman sachet & minuman soda
Minuman sachet biasanya mengandung kadar gula tinggi yang bahkan bisa mencapai 94 persen. Minuman bersoda biasanya mengandung sekira 38 gram gula dalam setiap 0,3 liter.

3. Permen & nougat
Nougat mengandung gula sekira 83 persen. Permen buah bisa memiliki kadar hingga 81 persen, sementara permen karet dan permen keras memiliki kadar gula sekira 63 persen.

4. Kue, biskuit, & pie
Gula adalah bahan baku penting dalam pembuatan kue. Di antara makanan sejenis, macaroon mengandung 71 persen gula, yang membuatnya salah satu makanan dengan kadar gula tertinggi di kelasnya. Rata-rata kue memiliki kadar gula hingga 63 persen.

5. Es krim & milk shakes
Es krim makanan enak ini juga mengandung banyak gula, yaitu sekira 26 persen, di mana dalam setengah scoop es krim terkandung 14 gram gula di dalamnya. Sementara, milk shakes mengandung 23 persen gula, di mana dalam setiap 0,5 liter milkshake terkandung 84 gram gula. ** Baca juga: Tepat Memilih Buah untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Selain makanan yang telah disebutkan diatas sebenarnya masih ada banyak makanan lain yang mengandung gula oleh karena itu usahakan untuk selalu cek label kemasan untuk mengetahui kandungan gula didalam minuman atau makanan yang Anda konsumsi. Ingat semakin banyak makanan yang mengandung gula yang Anda makan maka kadar gula dalam tubuh pun akan semakin meningkat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru