oleh

Waspadai Makanan Berbahaya Saat Ramadan

Kabar6-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membenarkan bila peredaran makanan tak laik konsumsi marak terjadi.

 

Fakta itu juga kerap terjadi di berbagai wilayah karena daya beli masyarakat meningkat. ** Baca juga: Pemkot Tangsel Monitor Pangan Jelang Puasa

 

“Sebenarnya kalau tiap minggu sudah rutin kita lakukan. Namun kali ini lebih intens lagi, lantaran jelang bulan puasa,” ungkap Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhamad, Minggu (31/5/2015).

 

Menurutnya, kondisi tersebut harus dapat diantisipasi dan terminimalisir, melalui tim monitoring yang melibatkan sejumlah satuan kerja perangkat daerah.

 

Antara lain, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta melibatkan aparat TNI/Polri.

 

“Awas, masyarakat harus selektif pas beli produk makanan. Seperti cincau, tahu formalin, kerupuk asinan, dan lain sebagainya rawan pakai zat kimia,” terangnya.

 

Muhamad menegaskan, selama monitoring jika masih ditemukan peredaran makanan berbahaya maka produk tersebut langsung disita. Sedangkan pedagangnya bakal mendapat teguran. ** Baca juga: Pilkada Tangsel, Shaleh MT Siap Maju Independen

 

“Begitu juga barang-barang di supermarket yang berbahaya, akan langsung kami sita. Jadi diharapkan jelang bulan puasa nanti akan bebas dari bahan makanan berbahaya ataupun kedaluwarsa,” pungkasnya.(yud)

Berita Terbaru