oleh

Waspadai Jika Anda Sering Bangun Tidur Tengah Malam

Kabar6-Beberapa orang mungkin pernah mengalami kesulitan tidur meskipun badan sudah terasa lelah. Biasanya mereka sering terbangun saat tengah malam. Setelah bangun, mereka akan merasa lebih bersemangat dan tidak dapat melanjutkan tidur.

Tidak sedikit orang yang meremehkan gangguan tidur seperti itu, padahal bisa saja membahayakan kesehatan. Di sisi lain, seperti dikutip dari Bintang, kesulitan tidur juga bisa menjadi pertanda Anda sedang menderita suatu penyakit yaitu nokturia, merupakan gangguan kesehatan yang membuat seseorang terbangun hanya karena ingin buang air kecil. Seseorang bisa disebut mengidap penyakit ini jika buang air kecil 2-4 kali pada tengah malam. Solusinya, hanya perlu mengurangi konsumsi air sebelum tidur. ** Baca juga: Usir Insomnia dengan 3 Minuman yang Ampuh Tingkatkan Kualitas Tidur

Selain nokturia, gangguan mental seperti depresi atau stres juga bisa menjadi penyebab yang membuat Anda terbangun dari tidur pada tengah malam. Mereka yang menderita depresi cenderung akan merasa lelah setelah bangun pada tengah malam. Namun rasa lelah itu justru membuat mereka tidak bisa tidur lagi. Jika sudah seperti itu, cobalah berkonsultasi pada psikiater.(ilj/bbs)

Berita Terbaru