oleh

Waspadai Gejala Penyakit yang Sering Disertai dengan Masalah Bau Badan

Kabar6-Beberapa bau antara lain yang berasal dari badan, mulut atau kaki mungkin bagi sebagian orang disebabkan karena kurang menjaga kebersihan area tersebut. Namun bau tersebut ternyata bisa jadi disebabkan adanya masalah penyakit dalam diri Anda. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah gejala penyakit yang disertai dengan masalah bau dari tubuh:

1. Bau mulut
Penyakit diabetes tipe 1 lebih mudah mengalami masalah bau mulut. Ini terjadi akibat adanya komplikasi diabetes yang disebut Diabetic Keticidosis. Tubuh Anda akan kesulitan memproduksi insulin serta membuat gula dalam darah meningkat. Efeknya, Anda gampang muntah hingga mudah untuk buang air, sehingga menyebabkan tubuh kehilangan cairan yang berujung pada bau mulut.

2. Bau kaki
Bau kaki yang menyengat sebaiknya diwaspadai dari sekarang, karena bisa jadi bagian kaki Anda sudah terinfeksi bakteri dan jamur. Jika dibiarkan bisa menimbulkan selulitis, di mana jamur dan bakteri mulai menyerang dan memakan jaringan bawah kulit kaki.

3. Tinja selalu bau busuk
Anda harus berhati-hati apabila tinja dari BAB selalu berbau tidak sedap. Memang pada umumnya tinja selalu berbau, namun apabila baunya terlalu busuk dan terlalu sering dalam jangka waktu berdekatan bisa jadi Anda mengalami intoleransi laktosa.

Ini terjadi ketika usus kecil tidak berjalan sesuai fungsinya untuk memproduksi enzim yang berperan memecah laktase. Jika ini terjadi, maka tubuh tidak akan mencerna laktosa, sehingga laktosa akan langsung dikirim ke usus besar. Akibatnya, perut Anda akan mengalami kembung, dan tinja berbau busuk.

4. Urine bau
Urine yang berbau adalah pertanda buruk bagi kesehatan saluran kemih. Bisa jadi saluran kemih Anda terkena infeksi bakteri seperti E.coli. ** Baca juga: Jenis Makanan & Minuman Berikut Tidak Disarankan untuk Penderita Asma

Periksa lagi bau yang dikeluarkan oleh tubuh agar Anda dapat mengantisipasi sedini mungkin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru