oleh

Waspadai Gangguan Kesehatan Lain Saat Pandemi COVID-19

Kabar6-Banyak orang di seluruh dunia yang jadi lebih waspada sekaligus khawatir akibat pandemi COVID-19 ini. Berbagi cara dilakukan agar dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Di sisi lain, terdapat sejumlah gangguan kesehatan yang juga perlu Anda waspadai di tengah pandemi COVID-19. Melansir beberapa sumber, ini lima gangguan kesehatan yang dimaksud:

1. Stres
Banyak hal bisa memicu stres bagi sejumlah orang saat ini. Kekhawatiran terhadap penyebaran COVID-19, kestabilan ekonomi dan pendapatan yang mungkin terganggu, juga situasi dan kondisi negara, ditambah simpang siur arus berita yang bikin resah. Tentu ini bisa menyebabkan peningkatan stres bagi banyak orang setiap harinya.

2. Anxiety/kecemasan berlebihan
Stres berlebih bisa berujung pada timbulnya kecemasan berlebihan yang juga memicu gangguan lain seperti sesak napas, jantung yang berdebar-debar, dan kesulitan berkonsentrasi.

Coba ambil waktu rehat sejenak setiap harinya, jauh dari media sosial dan berita meresahkan untuk meditasi, berjalan santai keliling kompleks sambil mendengarkan lagu favorit yang bikin tenang.

3. Kesepian
Saat melakukan social distancing atau self-isolating, ternyata banyak orang mengalami kesulitan dan bisa berujung merasa kesepian. Memang sifat dasar manusia yang pada dasarnya butuh interaksi sosial bisa memicu rasa kesepian saat harus berada di rumah saja dan tidak bertemu teman dan mereka yang biasanya ditemui setiap hari.

Kesepian punya banyak efek negatif pada kesehatan mental dan fisik. Nah, agar tidak kesepian, coba rutin lakukan interaksi sosial seperti menelepon atau lakukan video call, jadi meskipun berada berjauhan dan tidak bertemu langsung, Anda tidak merasa kesepian.

4. Insomnia
Saat jadwal harian dan rutinitas Anda berubah, seperti tiba-tiba harus bekerja dari rumah, serta stres yang melanda, ini tentu bisa juga berdampak pada jadwal tidur Anda. Insomnia bisa jadi hal tak terelakkan di masa-masa seperti ini. ** Baca juga: Alasan Sederhana Mengapa Anda Harus Rutin Olahraga

5. Gangguan asam lambung
Saat berada di rumah saja dan sedang membatasi aktivitas di luar, pola makan Anda pun bisa ikut terganggu. Jadi sering jajan, makan seadanya, atau makan tak sesuai jadwal, ini tentu bisa menyebabkan gangguan pada lambung. Stres yang dialami juga bisa meningkatkan produksi asam lambung Anda.

Hal yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal harian untuk diikuti sekaligus dijalankan setiap hari. Memiliki jadwal jelas setiap hari membantu Anda punya kendali atas keseharian di tengah situasi tak menentu ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru