Waspadai Bila Anda Alami Lupa yang ‘Bukan Lupa Biasa’

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian dari Anda mungkin sering mengalami lupa, entah itu tidak ingat letak beberapa barang yang baru saja diletakkan, atau lupa beberapa janji yang sudah dibuat jauh-jauh hari.

Ada banyak hal yang menyebabkan Anda jadi mudah lupa. Dilansir Vemine, bisa jadi Anda mengalami insomnia beberapa hari berturut-turut sehingga mengakibatkan sulit berkonsentrasi, atau bisa juga Anda sedang merasa kewalahan akibat beban kerja yang berat.

Ada kemungkinan bahwa kejadian lupa yang terjadi terus menerus adalah gejala dari Alzheimer. Satu hal yang perlu diwaspadai adalah ketika Anda sering melupakan hal yang dilakukan sehari-hari. Misalnya, Anda lupa untuk memasak makanan untuk makan malam, dan hal tersebut terjadi secara berturut-turut. Padahal itu merupakan kegiatan Anda setiap hari.

Gejala kedua adalah Anda jadi gampang tersesat di rute jalan yang sebenarnya familiar bagi Anda. Ada kalanya Anda lupa tujuan ketika sudah berada di tengah perjalanan. Orang-orang tua yang sering dikabarkan terlihat linglung saat mereka ditemukan di pinggir jalan kebanyakan mengalami gejala yang serupa. Artinya, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal dari Alzheimer.

Kebiasaan mengulang percakapan yang sama juga bisa jadi tanda awal dari Alzheimer atau demensia. Jenis percakapan yang Anda secara tak sadar mengulang-ulang cerita yang sama kepada pasangan, keluarga dan teman-teman. ** Baca juga: Tidak Perlu Ngoyo, Ada Cara Ilmiah Turunkan Berat Badan Secara Pasti

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan Anda jadi gampang lupa, dan bisa jadi gejala Alzheimer tidak termasuk di dalamnya. Jika kebiasaan lupa Anda berdampak fatal terhadap kegiatan sehari-hari, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter.(ilj/bbs)