oleh

Waspada, PPDB SMAN Jalur Mandiri Rawan Pungli

Kabar6-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA Negri jalur mandiri, rawan dengan praktek pungutan liar (pungli).

 

Ini disebabkan, penerimaan siswa yang tidak mengikuti sistem online seperti tahun-tahun sebelumnya sehingga tidak transparan.

 

Samlawi, salah seorang wali murid, menyatakan pernah ditawari untuk memasukan anaknya di salah satu SMAN di kawasan Kecamatan Setu, melalui jalur mandiri. Tapi, dirinya bingung bila harus menyetorkan sejumlah uang.

 

“Lebih baik saya memasukan anak saya lewat jalur online dan tidak mau memaksakan kemampuan anak saya harus sekolah di mana,” terang Samlawi saat ditemui kabar6.com di kawasan Setu, Jumat (8/5/2015).

 

Sementara itu, Kepala SMAN 9 Kota Tangsel, Nana, menyatakan pihaknya baru akan membuka PPDB pada 29 Juni-2 Juli dan tidak menerapkan PPDB jalur mandiri. ** Baca juga: Begini Modus Komplotan Pakot Cs Bobol Sekolah

 

“Kami tidak menerapkan PPDB lewat jalur mandiri, tetapi mengikuti PPDB yang sesuai aturan dari Dinas Pendidikan (Dindik) saja,” terang Nana.(ard)

Berita Terbaru