oleh

Waspada Pneumonia pada Anak, Dinkes Lebak Dorong Dapatkan Vaksin PCV: Gratis

Kabar6-Pneumonia atau radang paru-paru pada anak patut diwaspadai oleh orangtua. Bila tidak cepat ditangani, penyakit yang menimbulkan batuk, demam dan sesak napas ini dapat menyebabkan gangguan yang serius bahkan hingga kematian.

Penyakit yang kebanyakan orang umumnya menyebut dengan gangguan pada pernapasan ini bisa dipengaruhi oleh paparan asap rokok dan asap kayu bakar.

Untuk mencegah pneumonia, anak diharapkan mendapat vaksin Pneumoccal Conjugate Vaccine (PCV) di fasilitas layanan kesehatan seperti posyandu, puskesmas dan pos vaksin lainnya.

“Jadi vaksin PCV ini baru masuk dalam program pemerintah. Sebelumnya sudah ada, tapi dilakukan di dokter spesialis dan untuk mendapatkannya lumayan ya sampai jutaan, tapi karena sudah masuk program jadi gratis,” kata Kabid Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Lebak, dr Firman Rachmatullah saat dihubungi Kabar6.com, Sabtu (15/10/2022).

**Baca juga: Dekati Akhir Tahun, OPD di Lebak Diminta Kerja Keras Penuhi Target PAD

Imunisasi PCV diberikan kepada anak berusia 2, 3 dan 12 bulan sebanyak 3 kali. Secara serempak, PCV diberikan mulai tanggal 12 September 2022 pada anak yang genap berusia 2 bulan, sementara anak di atas 2 bulan belum bisa mendapatkan imunisasi tersebut.

“Ini bagian dari upaya pencegahannya, aman dan bermanfaat. tapi karena ini masih baru jadi perlu penguatan dalam sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.(Nda)

Print Friendly, PDF & Email