oleh

Waspada, DBD Serang Warga Tangsel

Kabar6-Sejumlah warga di Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terserang wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kondisi ini sekaligus mengingatkan Anda, untuk ekstra waspada menghadapi serangan wabah penyakit saat musim pancaroba seperti sekarang.

“Sudah lebih dari 10 orang warga sini yang kena DBD,” ungkap Fery, warga RT 03 RW 05, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, kepada kabar6.com, Jum’at (15/5/2015).

Menurutnya, wabah penyakit yang berasal dari virus aedes aegypti menyerang tak pandang bulu. Mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa sudah terkapar akibat suhu panas badanya terus meningkat.

Warga yang terkena DBD, lanjut Fery, bergantian keluar-masuk rumah sakit. Ia mengaku telah melaporkan masalah ini kepada petugas medis wilayah setempat.

“Belum ada tindakan dari aparatur setempat,” klaimnya. **Baca juga: Hati-hati, Beredar Black Opal Aspal di Banten.

Fery pun berharap agar persoalan ini dapat segera ditangani oleh satuan kerja perangkat daerah terkait agar penyebaran DBD tak meluas.

Perlu diketahui, penyakit Demam Berdarah adalah suatu penyakit yang masuk  dalam golongan penyakit akut akibat virus dengue, yang muncul akibat gigitan nyamuk aedes aegypti atau aedes albopictus. Nyamuk ini menyerang kekebalan tubuh melalui peredaran darah.

Sedianya terdapat empat jenis virus dengue yang berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dengue merupakan viru dari jenis flavivirus, famili flaviviridae.

Penyakit demam berdarah berada pada daeraha tropis dan subtropis di berbagai belahan dunia, terutama di musim hujan yang lembab.(yud)

Berita Terbaru