oleh

Waspada Cuaca Buruk Selat Sunda dan Samudra Hindia

Kabar6-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksikan adanya ketinggian gelombang mencapai hingga 4,5 meter di perairan Samudra Hindia bagian Barat di Provinsi Lampung, serta gelombang hingga tiga meter pada perairan Selat Sunda bagian selatan, dan Pantai Barat Lampung.

Prakiraan cuaca dan gelombang laut di perairan Lampung berlaku 24 jam dari 10 Mei pukul 07.00 WIB sampai 11 Mei 2015 pukul 07.00 WIB di Selat Sunda bagian utara (Merak-Bakauheni) arah angin timur laut.

Cuaca buruk ini berimbas pada pelayanan dan arus lalu lintas di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, sehingga mengalami keterlambatan sandar kapal.

“Bisa berpengaruh. Itu biasanya kan bagian Samudra Hindia. Kalau Merak, Selat Sunda bagian utara,” kata Humas ASDP Cabang Merak, Mario S Utomo, saat dikonfrimasi melalui blackberry messenger, Minggu (10/05/2015).

Keterlambatan sandar kapal pun berpengaruh pada lamanya bongkar muat penumpang di Pelabuhan Merak.  ** Baca juga: Ini Pesan Jokowi ke Pemkot Tangsel di Ambon

“Jadi imbasnya memang ada meskipun mungkin tidak setinggi ombak di (SSelat Sunda) bagian selatan. Paling juga ada keterlambatan kedatangan dan keberangkatan, karena biasanya kapal susah sandar,” tegasnya. (tmn/din)

Berita Terbaru