oleh

Warga Was-was, Wilayah Tangsel Rawa Banjir

Kabar6 Hujan yang turun terus menerus selama dua hari belakangan di kawasan Jabodetabek, membuat warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merasa was-was dan khawatir dengan ancaman bencana banjir yang bisa saja terjadi.

Tim Cepat Tanggap Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangsel mengatakan, bahwa hasil pengamatan Badan Meterologi Klimatologi dan Geografis (BMKG) Wilayah II Ciputat yang diterima lembaga tersebut, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih sangat mungkin terjadi hingga sepekan kedepan.

“Sejak banjir datang akibat hujan deras dan luapan alirak kali maupun sungai yang melintasi Tangsel, maka kondisi itu tetap harus diwaspadi hingga beberapa hari kedepan. Masyarakat yang tinggal di kawasan langganan banjir harus menyiapkan diri dan harus cepat koordinasi dengan kami jika mulai ada tanda-tanda luapan air,” jelas Assa Nugraha, Tim Cepat Tanggap Tangsel, Minggu (2/12/2012).

Menurut Assa, setelah Jumat (30/11) lalu, terjadi luapan air setinggi 30 centimeter hingga 1 meter di 13 perumahan di Kota Tangsel, kewasapadaan harus tetap ditingkatkan.

“Meskipun sudah surut hari ini (kemarin), masih masih ada luapan di Komplek Pondok Kacang Timur, warga pun sudah kami bantu,” imbuhnya.

Sementara ini, pihaknya bersama tim lainnya terus melakukan pemantauan di 24 titik langganan banjir di Kota Tangsel. Termsuk, pemantauan titik banjir di dalam Tol BSD-Jakarta.

“Pemantauan terus kami lakukan. Alat-alat tanggap bencana pun sudah kami siapkan di titik yang paling rentan kebanjiran,” katanya.

Terkait alat kelengkapan tanggap darurat yang disipkan, pihaknya menyatakan bahwa sejauh ini sudah bantuan dari Badan Penanggulangan Becana Provinsi Banten, berupa 25 familiy kids, 25 kids ware, 75 paket lauk pauk, 75 paket makanan siap saji,  50 paket makanan tambahan bergizi, 50 matras, 25 kelengkapan sandang, dan 50 selimut.

“Sedang dari kami sendiri, sudah ada beberapa paket yang sama yang siap didistribusikan manakala banjir terjadi, perahu karet, serta koordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Satpol PP, Ganespa, Dinas Kesehatan, dan lain sebagainya yang terkait dengan penanggulangan banjir Tangsel,” pungkasnya.(Iqmar)

 

Berita Terbaru