oleh

Warga Tigaraksa Sambut Banjir dengan “Rakit Cinta”

Kabar6-Musim penghujan telah tiba. Itu artinya, bencana banjir segera menyapa warga. Fakta itu bahkan rutin terjadi setiap tahunnya.

 

Di Kampung Coger, Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, sejumlah warga bahkan kini sudah bersiap untuk menyambut datangnya banjir.

 

Maklum, kawasan ini memang sudah rutin menjadi sasaran banjir, setiap kali musim penghujan tiba. Bahkan, ketinggian air banjir di Kampung Coger bisa melebihi dua meter.

 

Ya, persiapan yang dilakukan warga adalah, dengan membuat rakit dari peralatan sederhana, sebagai pengganti perahu.

 

Rakit ini dibuat menggunakan drum serta besi bekas. Uniknya, rakit yang dibuat dengan cara gotong royong ini diberi nama “rakit cinta”.

 

“Di sini memang langganan banjir. Makanya, kita siapkan perahu atau rakit. Ini cukup membantu kita beraktivitas, saat banjir tiba. Termasuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir,” ujar Syahrudin, warga setempat.

 

Sementara itu, Romaedi, anggota polisi yang juga warga setempat mengatakan, inisiatif warga itu terbangun sebagai bentuk antisipasi dini terhadap banjir.

 

Maklum, saat banjir menerjang, kampung tersebut jarang disinggahi oleh tim relawan. Makanya, semua masyarakat bergotong royong untuk saling membantu. ** Baca juga: Ini Penyebab Banjir di Kota Cilegon

 

“Rakit itu selalu rutin dipersiapkan warga, setiap kali musim penghujan tiba,” ujar anggota Babinkamtibmas Polsek Tigaraksa itu lagi.(rani)

Berita Terbaru