oleh

Warga: Tanggul di Kampung Bulak Cuma Batu Ditumpuk Semen Alakadarnya

Kabar6-Warga Kampung Bulak, Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) heran dengan kekuatan konstruksi tanggul di Kali Angke. Tepat pada Selasa pagi kemarin tanggul yang belum lama dibangun itu jebol tergerus arus banjir.

“Nah pas Februari ini tanggul yang bagus tuh yang jebol,” ungkap Datin. Ketua RT 04 RW 02 ditemui kabar6.com di lokasi perkara, Kamis (27/2/2020).

Menurutnya, warga sekitar mulai mempertanyakan ketangguhan tanggul sepanjang kurang lebih 20 meter itu. Sebab tanggul yang dibangun sekitar 4 tahun lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel sudah jebol.

Datin menyebutkan, setiap curah hujan tinggi limpasan air melebihi ketinggian tanggul. Kondisi itu berdampak pada pemukiman sekitar sudah masuk zona merah rawan banjir itu terendam.

Bahkan ketinggian genangan air banjir bisa mencapai 2 meter lebih. “Setiap hujan deras dan air kali melebihi tanggul pasti jebol. Januari kemarin tanggul yang tipis jebol,” jelas Datin.

**Baca juga: Tanah Longsor di Tangsel, Tiga Pintu Rumah Kontrakan Ambruk.

Ia mengungkapkan, saat Januari kemarin sempat ada kegiatan perbaikan tanggul. Namun ia menyesalkan pekerjaan terkesan alakadar sehingga rentan jebol lagi.

“Tanggul yang diperbaiki kemarin aja cuma batu kali ditumpuk tok, sama semen alakadarnya,” terang Datin

“Tiap hujan deras kaya tadi pagi aja kan kita was-was, dikit-dikit liat sawah,” tambahnya. Hingga berita ini diturunkan, kabar6.com masih berupaya mengkonfirmasi pejabat berwenang di DPU Kota Tangsel.(eka)

Berita Terbaru