oleh

Warga Tangerang Dihimbau Waspada, Cuaca Rawan Puting Beliung

Kabar6-Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk lebih waspada seiring munculnya angin puting beliung dalam beberapa hari terakhir ini.

Untuk saat ini, hembusan angin kencang bersamaan dengan hujan deras diprediksi bisa mencapai 50 hingga 70 kilometer perjam.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Pondok Betung, Tangerang Selatan, Sri Handayani mengatakan, wilayah Jabodetabek telah memasuki masa pergantian musim atau pancaroba.

Perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan menyebabkan munculnya angin kencang, yakni puting beliung.

Masyarakat diminta untuk lebih waspada, karena angin kencang muncul secara tiba-tiba bersamaan dengan turunnya hujan. Tiupan angin puting beliung bisa berakibat fatal.

“Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, saat ini kecepatan angin puting beliung disertai hujan mencapai 50 sampai 70 km-perjam. Patut untuk diwaspadai,” kata Handayani, Senin (22/10/2012).

Handayani menuturkan, terdapat zona merah yang memang berpotensi angin puting beliung. Di Kota Tangerang Selatang, sejumlah wilayah, khususnya di Serpong berpotensi munculnya angin puting beliung.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Tangerang, berpotensi terjadi di Kecamatan Curug. Hembusan angin puting beliung bisa di bawah 50 dan melebihi 70 km perjam, tergantung kondisi cuaca.

Meski demikian, kecepatan angin puting beliung tidak berdampak kepada tingginya gelombang air laut. “Gelombang air laut wilayah pesisir pantura Tangerang masih dalam batas normal,” kata Handayani.(rah)

 

Berita Terbaru