oleh

Warga Sebut Banjir Tol BSD Akibat Aliran Dua Kali Hilang

Kabar6-Akses ruas Jalan Tol BSD-Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, semalam sempat ditutup total akibat terendam genangan banjir setinggi 50 sentimeter. Peristiwa serupa juga pernah terjadi beberapa tahun lalu.

Mansur, warga Jombang, Kecamatan Ciputat mengaku bahwa sebelumnya ada tiga aliran kali yang melintasi titik banjir di KM8+800. Yakni, kali pinggir, bakti dan tengah.

“Sekarang di situ yang masih ada tinggal kali tengah doang,” ungkapnya, Sabtu (27/4/2019).

Menurutnya, aliran kali pinggir dan bakti telah hilang akibat dicaplok menjadi kawasan hunian. Tinggi air di Jalan Sumatera mencapai pinggang orang dewasa.

Sementara akses jalan tersebut ditutup sementara. Begitu pun, dengan kawasan perumahan Puri Bintaro yang berbatasan langsung dengan area tol.

“Kalau di Puri Bintaro sudah sering banjir, di sini ada sekitar 350 kepala keluarga dari RT 01 sampai 07 pada satu RW 22,” ujar Sugeng, warga Puri Bintaro.

Sugeng mengaku, kawasan perumahan Puri Bintaro adalah kawasan langganan banjir. Genangan air selalu terjadi setiap curah hujan lebat turun.**Baca Juga: Wagub Banten Minta Kebijakan Keuangan Daerah Dipertegas.

“Kalau hujan lebat pasti banjir, karena ini luapan dari Kali Deker. Saat ini tingginya mencapai satu meter lebih,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru