oleh

Warga Leungsir RT 03/01 Munjul Terpaksa Andalkan Sumur Tua, Kades: Tunggulah SAB 2021

Kabar6-Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Warga kampung leungsir yang juga Wakil ketua RT 03/01 Desa Munjul Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Rahwi mengakui saat ini mengandalkan keberadaan sumur tua sebagai sarana untuk mendapatkan air bersih.

“Sumur tua ini sudah lama dan keberadaan sumur tua ini sangat membantu kami untuk kebutuhan air bagi beberapa puluh Kepala Keluarga di sini,” ucap Rahwi saat ditemui kabar6.com dilokasi pada Kamis (3/12/2020).

Keberadaan sumur tua dengan kedalaman puluhan meter itu, lanjut Rahwi, mau tidak mau dimanfaatkan warga karena tidak ada lagi sumber air yang bisa didapatkan. Padahal, sambung dia, di lingkungan RT 003/01 sudah dibangun Sarana Air Bersih (SAB) sumber Penunjukan Langsung (PL) Kecamatan Solear, pada 2018 .

“SAB tersebut tidak dapat digunakan secara maksimal oleh warga karena adanya penguasaan fisik SAB oleh tuan rumah. Sementara dalam kondisi ekonomi masyarakat saat ini untuk memiliki sumur bor sendiri sangat tidak mungkin. Kalau dibor, biayanya mahal karena dalamnya bisa mencapai 80 meter,” terang Rahwi.

Untuk itu kata dia, warga sangat berharap SAB dari Dinas Perkim itu bisa di kembalikan lagi ke lokasi awal sesuai hasil Musrenbangdes dan sesuai dengan lokasi yang tertera di papan proyeknya.

**Baca juga: Lokasi SAB Dipindahkan, Kades Munjul Tangerang sebut DP3 yang Tidak Mau

Polemik yang terjadi di lingkungannya, sebagai Kepala Desa (Kades) Munjul Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Anih meminta kepada warga RT 03/01untuk bersabar dan menunggu anggaran di 2021. “Warga mohon bersabarlah. Kita akan ajukan lagi pada anggaran APBD 2021,” ucap Anih. (han)

Berita Terbaru