oleh

Warga Lebak Segel PT Cemindo Gemilang

Kabar6-Warga Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, meradang. Mereka menyegel kantor PT Cemindo Gemilang, Selasa (12/5/2015).

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap aktivitas perusahaan yang memproduksi semen merah putih, yang dianggap menganggu kenyamanan warga.

Sambil membawa spanduk bertuliskan protes, warga yang didominasi kalangan pemuda itu membawa sampah dan langsung meletakkannya tepat di depan pintu gerbang kantor PT Cemindo Gemilang.

Selain menggelar orasi, sejumlah warga yang kesal juga sempat menulisi tembok perusahaan tersebut dengan tulisan ‘Gama Penjajah’ menggunakan cat pilok.

“Aktivitas (ledakan tambang) perusahaan ini menganggu. Selain bising, tembok rumah kami (Warga) mengalami retak-retak,” ujar Asep, salah seorang warga.

Parahnya, lanjut Asep, aktivitas perusahaan seolah tanpa aturan. Saat warga tengah sholat dzuhur, perusahaan itu malah meledakkan tambang.

Sebelum melakukan aksi segel, sejumlah warga ini sempat melakukan aksi perusakan pos satpam di perusahaan tersebut.

Akibatnya, selain pos yang mengalami kerusakan, sejumlah petugas keamanan yang berjaga juga ketakutan hingga berlari tunggang-langgang menghindari amuk warga.

Diketahui, dalam melakukan aktivitas di lokasi tambang, perusahaan tersebut menggunakan bahan peledak untuk menghancurkan material tambang. **Baca juga: Imigrasi Jemput Paksa Pekerja Asing Dari PT Cemindo Gemilang di Lebak.

Mirisnya, lokasi tambang yang berada tidak jauh dari pemukiman warga, berdampak terganggunya aktivitas warga. Bahkan disebut ada sekitar 80 rumah milik warga yang mengalami kerusakan.(bad)

Berita Terbaru