oleh

Warga Kota Tangerang Peringati HCPSN Dengan Mural

Kabar6-Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang jatuh pada 5 November, diperingati oleh warga Kota Tangerang bersamaan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Tugu Adipura, Jalan Veteran Tangerang, Minggu (30/11/2014).

Ratusan warga yang memenuhi tugu Adipura, terlihat antusias mengikuti rangkaian acara, mulai dari senam massal bersama, sampai lomba yel dan pameran satwa yang ditampilkan  oleh para komunitas pecinta binatang di Kota Tangerang.

Walikota Tangerang, Arief Wismansyah yang menghadiri acara itu, menyampaikan arti penting gerakan penyelamatan satwa dan tumbuhan lokal. “Gerakan ini juga selaras dengan program kerja Pemkot untuk mengembangkan pembangunan berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan berwawasan lingkungan bisa dimulai dari unit terkecil di masyarakat yaitu keluarga. “Kita bisa mulai dengan buang sampah pada tempatnya, atau ikut menghijaukan pekarangan rumah,” jelasnya.

Selain itu, ikut menyediakan sumber-sumber resapan air disekitar tempat tinggalnya, juga berarti masyarakat telah terlibat aktif dalam program pelestarian lingkungan dan tumbuhan. “Jangan juga kemudian punya rumah dibangun kontrakan semua,” himbaunya.

Walikota meminta masyarakat mewaspadai banjir sejak dini. Itu mengingat cuaca saat ini hampir setiap hari hujan dan gerimis. **Baca juga: Presiden Jokowi Serahkan Piala Penghargaan ke Airin.

“Banjir bisa dicegah bila kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, dengan membersihkan selokan atau saluran air. Tapi mudah-mudahan Kota Tangerang tidak banjir lagi,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Walikota memberikan hadiah kepada pemenang lomba sekolah Adiwiyata Kota Tangerang. Adapun juara sekolah Adiwiyata tingkat Sekolah Dasar kali ini adalah SD Tanah Tinggi 1, SD Sukasari 1, SD al ikhlas dan SD Tanah Tinggi 3.

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah piagam penghargaan dan uang untuk penataan lingkungan serta pemeliharaan di sekolah masing-masing.

Selanjutnya, Walikota juga menyempatkan diri untuk ikut menyaksikan aksi mural yang diprakarsai oleh Tangerang Street Art Forum dan Pemerintah Kota Tangerang di fly over Sudirman.

“Ini bukti nyata bahwa pemkot juga menyediakan ruangan berekspresi bagi para komunitas,” jelasnya.

Kalau selama ini corat-coret menimbulkan kesan tidak jelas, menurut Walikota sekarang sudah makin baik. “Karena dengan mural, kita bisa bersama-sama memperindah kota,” katanya.(hms/tom migran)

Berita Terbaru