oleh

Warga Keluhkan Buruknya Drainase di Kota Tangerang

Kabar6-Sistem drainase pada sejumlah ruas jaalan di Kota Tangerang masih buruk. Akibatnya, sejumlah ruas jalan dimaksud rentan terendam air pada saat hujan turun.

Selain mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas, genangan air yang muncul antara 30 sampai 40 centimeter juga kerap memicu mogoknya kenderaan yang melintas, baik roda dua maupun roda empat.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (27/10/2012). Meski hujan turun tak lebih dari 30 menit, namun luapan air dari selokan yang ada langsung menenggelamkan ruas Jalan MH Thamrin, Cikokol, Kota Tangerang.

“Ruas jalan ini sudah langganan banjir. Setiap kali hujan turun lebih dari 30 menit, maka bisa dipastikan ruas jalan akan tenggelam,” ujar Udin (35), pedagang rokok yang biasa mengkal disekitar ruas Jalan MH Thamrin.

Menurut Udin, genangan air dipicu tersendat dan meluapnya saluran air yang ada disisi ruas jalan. “Kasihan pengguna jalan, kalau lagi banjir, banyak kenderaan roda dua dan empat yang mogok,” kata UDin lagi.

Hal senada juga diungkapkan Wawan (40). Pria warga Kebun Nanas, Kota Tangerang ini bahkan mengaku sudah beberapa kali menjadi korban luapan air saat melintas di ruas jalan tersebut.

“Sepeda motor saya sering mogok kalau melintasi ruas jalan ini kalau lagi banjir. Genangan air yang cukup tingga membasahi busi hingga mesin sepeda motor saya tak bisa menyala,” ujarnya.

Wawan berharap, pemerintah bisa segera memperbaiki drainase di ruas jalan tersebut. Karena, selain memicu kemacetan, kondisi itu juga sangat menganggu kenyamanan warga pengguna jalan.

“Sebagai warga kami butuh solusi. Dan, kami harap antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan Pemerintah Provinsi Banten tidak lagi menunjukkan sikap pengecut, dengan saling lempar tanggungjawab,” kata Wawan kesal.(rani/bad/tom migran)

 

Berita Terbaru