oleh

Warga Cibir Proyek Drainase “Aneh” di Cipondoh

Kabar6-Proyek pengerjaan saluran air atau drainase di wilayah RT 03/09, Kampung Poris Cipondoh, Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, dicibir warga setempat.

 

Pasalnya, realisasi pelaksanaan proyek senilai hampir Rp200 juta itu, bukanlah harapan atau seperti yang diusulkan dalam musrembang.

 

“Sangat disayangkan, lokasi pembangunan drainase ini kan bukan yang diusulkan oleh warga, pada Musrembang di tingkat kelurahan dulu,” kata Alanuri, salah seorang warga setempat, Rabu (27/5/2015).

 

Selain itu, jelas dia, teknis pengerjaannya pun nampak terlihat dipaksakan, sehingga dikhawatirkan malah akan menimbulkan persoalan baru.

 

“Lihat saja, masa tinggi bibir coran drainasenya lebih tinggi dari jalan. Khawatirnya, nanti pas hujan, air malah terjebak di jalanan,” sindirnya.

 

Dalam proyek itu, warga juga mendapati adanya unsur pemaksaan volume, di mana area yang tengah dibangun drainase itu, ternyata tak sesuai perencanaan, yakni sepanjang 235 meter.

 

“Jadi, karena areanya tidak sepanjang yang tertulis di papan proyek, akhirnya pengerjaannya keluar jalur. Intinya, kita ingin pembangunan drainase di jalan utama. Kalau yang sekarang dikerjakan, mah memang sudah ada drainasenya,” katanya.

 

Seharusnya, harap Alanuri, dinas terkait ataupun pihak pelaksana, dalam hal ini adalah CV Azka Mulia Utama, melakukan koordinasi terlebih dahulu bersama warga dan aparatur diwilayah setempat, sebelum melakukan pengerjaannya.

 

“Kita juga sudah tanyakan ke lurah, kenapa kok yang dibangun bukan yang diusulkan warga. Namun, Pak Lurah juga mengaku tidak ada koordinasi soal pengerjaan drainase itu, begitu juga terhadap pengurus RT dan RW di lingkungan,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Kota Tangerang, Dafyar Eliadi Hardian, menegaskan akan segera meninjau lokasi dimaksud. ** Baca juga: Dishubkominfo Sehatkan Informasi Lewat Kesenian Banten

 

“Ya, nanti kita tuntaskan, kemarin Kabid Drainase sudah ketemu lurahnya. Dan terima kasih juga, nanti masukan ini pun bisa kita alokasikan di ABT,” kata pejabat berperawakan gemuk ini.(ges)

Berita Terbaru