oleh

Warga Bulgaria Atasi Suhu Panas dengan Spa Lumpur

Kabar6-Ada beragam cara dipakai untuk mendinginkan diri dari sengatan suhu panas. Salah satunya adalah cara unik yang dilakukan warga Bulgaria. Gelombang panas atau heatwave di berbagai kawasan di Eropa yang mencapai 41 derajat Celcius membuat mereka kewalahan.

Dan ketika pendingin ruangan (AC) tak lagi bisa diandalkan, melansir CNN Indonesia, penduduk setempat hingga para turis berduyun-duyun ke ‘spa lumpur’ dan air alkali yang telah diimprovisasi di tepi pabrik garam terbuka dekat kota Burgas, di Laut Hitam pada setiap musim panas. Sensasi dingin dari air alkali merah muda di lokasi tersebut sangat membantu mengatasi musim panas.

Cara ini juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan karena lye, yaitu produk sampingan kimia dari poses pembuatan garam dan dikenal karena sifat penyembuhannya. Biaya masuk ke sana hanya 1 euro atau sekira Rp15 ribu untuk bisa menikmati lumpur sepuasnya.

Awalnya, tempat ini hanya terkenal di kalangan penduduk setempat. Kemudian adanya perubahan, termasuk jalan setapak dan paltform baru, membuat lokasi tersebut lebih bisa diakses orang umum. Situs resmi yang dibuat oleh si pabrik garam tersebut diklaim telah menarik 4.000 pengunjung setiap harinya.

Seorang turis asal Jerman bernama Gerhard Mueller mengatakan bahwa dirinya sudah sering berkunjung hanya untuk menikmati lumpur itu, yang membantu meringankan rasa sakit di bahu kanannya. ** Baca juga: Nyawa Nyaris Melayang Gara-gara Popcorn ‘Nyangkut’ di Gigi

Diketahui, setelah lumpur yang dioleskan ke tubuh mengering, orang-orang akan membersihkannya di air alkali atau langsung berenang di Laut Hitam yang terdapat tepat di seberang alang-alang.

Penasaran mencoba?(ilj/bbs)

Berita Terbaru