oleh

Warga Badui Protes Masih Ada Wisatawan Berkunjung di Tengah Pandemi Corona

Kabar6-Kunjungan wisatawan ke permukiman masyarakat adat suku Badui di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak ditutup sementara menyusul penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Demi mencegah penyebaran virus yang telah menjangkit ribuan oramh di Indonesia, wisatawan diimbau untuk tidak datang berkunjung.

Sayangnya, meski telah dilarang datang, masih banyak wisatawan yang membandel dengan tetap masuk ke wilayah suku yang masih menjaga kuat adat istiadatnya.

“Masyarakat Badui terutama warga Kampung Gazebo datang ke kami protes karena masih ada aja tamu saba budaya yang datang setiap akhir pekan,” ungkap Sekretaris Desa Kanekes, Agus, kepada Kabar6.com, Sabtu (28/3/2020).

Masyarakat mengkhawatirkan potensi penyebaran virus Corona lebih besar dengan banyaknya wisatawan yang datang di tengah. Apalagi, wisatawan yang datang berasal dari daerah terinfeksi.

“Hari ini yang datang dari Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Kalaupun memaksa datang, masyarakat meminta agar para tamu mengantongi surat kesehatan bebas virus Corona,” terang Agus.

**Baca juga: Swadaya, Warga di Pabuaran Lebak Semprot 3000 Liter Disinfektan.

Pemerintah desa bersama tokoh masyarakat, pengusaha dan pihak terkait akan melakukan musyawarah agar nantinya seluruh pihak bisa saling ikut menjaga dan mengingatkan.

“Ada warga yang sudah mengingatkan tetapi ya begitu lah, banyak tamu yang egois dan menyepelekan kondisi saat ini. Padahal harapan kami, mereka bisa mematuhi imbauan untuk kebaikan kita semua,” tutur Agus.(Nda)

Berita Terbaru