oleh

Wanita Hamil di Lebak Melahirkan di Jalan, Begini Sulitnya Akses ke Puskesmas

Kabar6-Sari (28) warga Kampung Pasir Sempur RT 05 RW 01, Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak harus melahirkan di tempat yang membuat hati miris.

Perempuan yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga tersebut melahirkan di tengah jalan poros desa yang menghubungkan antara Desa Cibarani dengan Desa Karangnunggal.

Kepala Desa Cibarani, Dulhani, mengatakan, kejadian tersebut terjadi saat Sari hendak menuju pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang berada di Desa Cirinten yang jaraknya 20 kilometer.

“Iya, dia mau ke puskesmas melahirkan di tengah jalan sekitar Senin kemarin jam setengah 3 sore lah. Dia naik motor dibonceng, terus ban motornya pecah,” kata Dulhani, saat dihubungi, Selasa (10/3/2020).

Dulhani menuturkan, Sari terpaksa ke puskesmas yang lokasinya jauh dari rumah karena tidak ada puskesmas pembantu di wilayah tersebut. Selain jarak yang jauh, kondisi jalan menuju puskesmas pun masih sulit dilalui kendaraan.

“Masih bebatuan sekitar 3 kilometer lah yang rusak jalannya,” ujar Dulhani.**Baca juga: Cerita Ibu Hamil di Cibarani Lebak Melahirkan di Pinggir Jalan Rusak.

Kata Dulhani, Sari sempat mendapat pertolongan dari bidan desa yang melintas di jalan tersebut dan dibawa keĀ  puskesmas menggunakan mobil. “Alhamdulillah, ibu dan bayinya sehat dan sudah pulang dari puskesmas,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru