oleh

Wanita Berdada Besar Lebih Malas Berolahraga?

Kabar6-Selain sejumlah pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan atau kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat, ada satu hal yang membuat wanita malas berolahraga. Siapa sangka, alasan tersebut mungkin saja karena ukuran dada atau payudara yang terlalu besar.

Benarkah begitu? Sebuah penelitian di Australia, melansir Womantalk, mengungkapkan bahwa wanita dengan payudara besar memiliki waktu berolahraga per minggu 37 persen lebih sedikit, dibandingkan dengan wanita yang memiliki payudara kecil.

“Seorang pemilik payudara berukuruan DD mengatakan kepada saya bahwa dia tidak pernah berolahraga di depan umum karena tidak ingin orang yang melihat payudaranya bergerak,” tambah LaJean Lawson, Ph.D., direktur Lab Champion Bra.

Berdasarkan kedua hal tersebut, para peneliti semakin yakin bahwa ternyata ukuran payudara memang menjadi penghalang potensial bagi wanita untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik, termasuk berolahraga.

Selain lebih lincah bergerak, wanita juga sebenarnya merasakan sakit di payudara saat melakukan gerakan olahraga, khususnya yang menghentak. Sebagai perbandingan, penelitian menemukan bahwa pengguna bra cup A rata-rata payudaranya bergerak 4 cm secara vertikal dan 2 mm dari sisi ke sisi.

Sementara pengguna cup DD, payudaranya dapat bergerak hingga 10 cm vertikal dan 5 cm sisi ke sisi. Dengan banyaknya saraf di jaringan payudara, ini tentu saja menyebabkan rasa sakit sehingga bisa mengurangi intensitas olahraga.

Untuk mengatasinya, LaJean mengatakan bahwa bra olahraga yang tepat bisa mengurangi gerakan payudara hingga 74 persen. Cari bra dengan cup terpisah yang tidak meregang dan tali bahu lebar yang dapat disesuaikan.

Anda bahkan dapat menggandakan dan memakai dua bra sekaligus untuk dukungan ekstra agar payudara tidak terlalu banyak bergerak. ** Baca juga: Jangan Langsung Percaya, Ada 5 Mitos Diet yang Ternyata Hoaks

Sedangkan untuk masalah mental, plus size model Candice Huffine, menyarankan Anda untuk mulai mencintai tubuh apa adanya dan menerima bahwa payudara yang bergerak saat berolahraga sebagai hal yang alami dan terjadi pada semua orang, sehingga tidak perlu lagi merasa risih, asalkan pakaian olahraga yang dikenakan juga tepat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru