oleh

Walikota Arief Ajak Warga Hidupkan Peran Masjid

Walikota Tangerang, Arief Wismansyah.(hms)

Kabar6-Era globalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat, dipercaya telah mengubah gaya hidup manusia sebagai makhluk sosial.

Hal itu disampaikan Walikota Tangerang, Arief Wismansyah, saat membuka acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Hidayah, di Komplek Taman Asri, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Minggu (24/4/2016).

“Masyarakat sekarang lebih sering bersosialisasi lewat gadget atau alat komunikasi yang mereka miliki, dibanding duduk bareng membahas berbagai topik,” ujar Walikota.

Padahal, ditengah kondisi seperti ini, sesungguhnya ada satu segmen penting yang perlu dihidupkan kembali peran dan fungsinya dalam komunitas. Yaitu masjid.

“Karena peranan masjid sangat penting dalam membentuk peradaban umat sekaligus pusat seluruh aktivitas. Mungkin atau tidaknya mengembalikan peranan dan fungsi masjid seiring perkembangan zaman dan era globalisasi, semua itu tergantung kita,” papar Walikota lagi.

Walikota juga berharap, masjid yang kini kondisinya sudah sangat megah, bisa dijadikan sebagai basis pembinaan umat dan pusat seluruh aktivitas umat Islam. Masjid juga bisa nenjadi pranata sosial untuk membicarakan dan menyelesaikan berbagai masalah.

“Berangkat dari masjid kita akan membangun suatu komunitas masyarakat yang berkualitas,” Terangnya.

Ditambahkan Walikota, tantangan di era globalisasi yang tak kalah pentingnya adalah, mulai munculnya budaya hedonis yang bertentangan dengan adat dan budaya kita sampai munculnya faham-faham radikal. **Baca juga: Begini Meriahnya Festival Pencak Silat di Kota Tangerang.

“Oleh karenanya, mulai sekarang mari kita biasakan untuk menjadi pribadi yang cerdas dengan memilih dan memilah informasi yang sesuai dengan budaya kita,” ujarnya.(hms/tom migran)

Berita Terbaru