oleh

Walah, Para Ortu Panjat Gedung Demi Beri Contekan pada Anak Mereka

Kabar6-Semua orangtua (ortu) tentu sayang kepada anaknya. Karena itulah sebagian besar orangtua akan melakukan apa saja untuk keberhasilan anak-anak mereka. Namun hal yang satu ini tampaknya bukanlah sesuatu yang patut ditiru.

Para orangtua siswa sebuah sekolah di India, seperti dilansir Nydailynews, nekat memanjat gedung sekolah yang tinggi, hanya demi memberi contekan kepada anak-anak mereka yang sedang mengerjakan soal ujian. Tampak pula kerabat dan keluarga lainnya berusaha memberikan contekan atau kunci jawaban setelah berhasil mencapai kelas yang terletak di lantai atas.

Diketahui, setiap ujian jendela kelas selalu penuh dengan orangtua yang siap dengan buku untuk memberikan bantuan jawaban, bahkan mereka tak segan ‘bertengger’ di sana agar anak atau keluarga yang ikut ujian bisa lulus.

Menurut ahli pendidikan, mencontek merupakan wajah kegagalan dalam pendidikan India. Hal ini bisa diakibatkan dari metode pengajaran yang monoton, guru yang selalu tidak hadir, serta infastruktur yang kurang memadai. Namun, pendapat ini dibantah oleh Menteri Pendidikan, dan balik menuduh para murid yang malas dan memilih berbuat curang. ** Baca juga: Belum Siap Berumah Tangga, Tucker Pura-pura Meninggal Jelang Hari Pernikahan

Apapun alasannya, mencontek adalah perbuatan tidak jujur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru