oleh

Wakil Walikota: Anggota Satpol PP Jangan Sok Garang

Kabar6-Rasa simpatik terhadap masyarakat harus dimiliki seluruh jajaran anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kota Tangerang.

Terlebih, sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) serta penjaga ketentraman di masyarakat, Satpol PP diharapkan memiliki kompetensi dan integritas sehingga masyarakat merasa nyaman dan terlindungi.

Demikian hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin saat membuka kegiatan peningkatan kapasitas dan kinerja aparatur Satpol PP Kota Tangerang TA 2014, di Bumi Tapos, Jalan Veteran III Cibedug Tapos Bogor, Selasa (21/10/2014) malam.

“Kalau mau jadi Satpol PP kudu simpatik, harus banyak senyum dan jangan sok garang,” ujarnya, seraya menginstruksikan jajaran Satpol PP untuk menunjukan sikap kooperatif, persuasif dan komunikatif ke masyakat saat penertiban, sehingga tidak ada kesan menyeramkan di masyarakat.

Menurutnya, saat ini Satpol PP tengah dihadapkan pada berbagai tantangan yang menuntut satuan tersebut untuk bersikap profesional.

Salah satunya, kata Sachrudin, maraknya para Pedagang Kaki lima (PKL) yang sering berjualan di bahu dan trotoar jalan, gelandangan dan pengemis yang sering mangkal di lampu-lampu merah serta adanya bangunan yang tidak berijin.

“Menghadapi hal tersebut Satpol PP hendaknya dapat menunjukan sikap berani dan tegas dalam melakukan penertiban,” tukasnya.

Namun, lanjut Sachrudin, penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP, sedianya telah terlebih dahulu dilakukan secara persuasif.

“Setelah penertiban harusnya terus dipantau secara kontinyu agar PKL yang telah ditertibkan tidak kembali berjualan di bahu jalan atau trotoar,” imbuhnya. **Baca juga: Foto SBY Masih Terpampang, Anggota DPRD Kota Tangerang Kecewa.

Sementara itu, Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kota Tangerang Mumung Nurwana mengungkapkan, bahwa tujuan dalam pelaksaan kegiatan yakni untuk membentuk aparatur Satpol PP yang profesional dan mampu melaksanakan tugas tanpa melanggar aturan.

“Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta dari tanggal 21 sampai dengan 23 Oktober 2014,” pungkasnya.(Ges)

Berita Terbaru