oleh

Wakapolri : Awasi, Koreksi, dan Tegur Polisi

Kabar6-Wakapolri Komjenpol Nanan Sukarna meminta mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), agar senantiasa mengawasi, mengoreksi dan menegur aparat kepolisian korup dan tidak baik dalam melayani masyarakat.

“Kami akui diantara kami ini ada saja polisi brengsek. Maka, awasi, koreksi, dan tegur kami. Jangan sampai mereka yang sedikit ini justru membuat jelek kerja kami,” kata Nanan saat memberi kuliah umum dalam Seminar Nasional Tugas dan Tanggung Jawab Polri di auditorium utama Unpam.

Menurut Nanan, polisi saat ini juga sudah direpormasi. “Polisi yang dahulu otoriter menjadi polisi yang demokratis. Kami bahkan mengikuti program repormasi birokrasi polri. Dan reformasi yang kami lakukan sudah cukup baik menurut Menpan (Menteri Pemverdayaan Aparatur Negara),” ucapnya.

Kedepan, guna melakukan perbaikan-perbaikan dalam tubuh Polri, saat ini pihaknya tengah melakukan reformasi tahap kedua, yang bertujuan merevitalisasi watak, pola pikir, dan tingkahlaku aparatur Polri.

“Reformasi ini terus dilakukan sampai tahun 2025 mendatang. Jadi, 2025 baru benernya itu polisi, mudah-mudahan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu Nanan menegaskan, dimana-mana tugas polisi adalah untuk melayani dan mengamani. Sehingga, ada tiga tugas pokok yang perlu kami lakukan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian tersebut.

“Nah, bagian ketiga tugas Polri adalah mengikutsertakan masyarakat untuk mengawasi kerjanya. Mahasiswa ini pun harus mengawasi tugas polisi. Khususnya, yang brutal, yang brengsek dan korup,” singkatnya.(Iqmar)

Berita Terbaru