oleh

Wajib Tes PCR Picu Jumlah Penumpang Bandara Soetta Menurun

Kabar6-Setiap calon penumpang maskapai penerbangan wajib menunjukan tes PCR. Ketentuan itu berimbas menurunnya jumlah penumpang di Bandara Soekarno – Hatta, Tangerang.

“Sebelumnya 70 ribu penumpang menjadi 55 ribu penumpang per harinya dengam grafik penerbangan sekitar 500 pergerakan pesawat,” ungkap Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi, Rabu (27/10/2021).

Mulai 24 Oktober kemarin calon penumpang pesawat dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang dengan tujuan Jawa-Bali wajib membawa hasil tes PCR meski sudah divaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali.

Kewajiban soal membawa tes PCR itu berdasar SE Satgas Covid-19 Nomor 21 tahun 2021 dan SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 88 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

**Baca juga: Dua Oknum Satpol PP Diduga Berbuat Asusila di Kota Akhlakul Karimah

Sesuai dengan SE tersebut, penumpang pesawat tujuan dari dan ke Bandara Soekarno Hatta wajib menunjukkan surat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

“Penurunannya tidak drop banget, karena masih weekday belum weekend,” ujar Holik.(yud)

Berita Terbaru