Wah…Belasan Panda di Tiongkok Kehilangan Lingkaran Hitam di Mata

kabar6.com
Panda raksasa di Pangkalan Penelitian Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya.(chinadaily)

Kabar6-Panda, hewan asli Tiongkok, memiliki ciri khas lingkaran hitam pada matanya. Namun sebanyak 12 ekor panda yang tinggal di Pusat Penelitian dan Penangkaran Panda di Chengdu, Sichuan, Tiongkok, dilaporkan kehilangan lingkaran hitam pada kedua matanya.

keduabelas  panda tersebut tidak hanya kehilangan lingkaran hitam pada mata, dikatakan Liu Qinglin, dokter hewan yang memeriksa kondisi panda tersebut, mereka juga menderita ulkus atau luka di sekitar mata. Kedua belas panda itu kini sudah dikarantina di penangkaran.

Drh Liu bersama dokter kulit Ran Yuping telah memeriksa ke-12 panda sejak Januari, setelah beberapa foto panda viral di media sosial Tiongkok. Sayangnya mereka belum menemukan penyebab dari perubahan bentuk fisik panda hingga saat ini.

Para ilmuwan juga mengesampingkan dugaan uveoencephalitis, penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan atau pemutihan rambut. ** Baca juga: Ahli Kelautan Berencana ‘Seret’ Gunung Es dari Antartika ke Afrika untuk Atasi Kekeringan

Hal seperti ini juga pernah menimpa sepasang panda bersaudara yang tinggal di kebun binatang Hangzhou, Tiongkok. Saat itu kebun binatang mengatakan lunturnya lingkaran hitam di mata panda disebabkan oleh tungau.

Hal tersebut tidak berakibat fatal, dan sepasang panda itu pun dikembalikan ke tempat kelahiran mereka di penangkaran Chengdu pada 2016 lalu.(ilj/bbs)