oleh

Waduh, Limbah Kopi Ditemukan Lagi di Desa Dukuh

Kabar6-Lagi, limbah hasil pengolahan kopi diduga milik PT Torabika yang dibuang sembarangan di Desa Dukuh, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, dikeluhkan warga setempat.

Pasalnya, limbah tersebut sekaligus mencemari air tanah dan air irigasi disekitarnya yang juga mengalir ke lahan pertanian seluas 2 hektare.

“Beberapa hari sekali, selalu ada truk bermuatan limbah dibuang disini. Kalau sudah begitu, pasti air langsung tercemar,” ujar Sutarjo (21), petani tanaman organik disekitar lokasi kepada Kabar6.com, Minggu (9/2/2014).

Dampak lain yang dirasakan petani adalah, kulit para petani dilokasi kerap terkelupas. “Kondisi ini sudah terjadi sejak dua tahun lalu,” kata Sutarjo.

Pantauan kabar6.com, kondisi air dibeberapa petak pertanian warga sangat buruk. Selain berbau, air yang tercemar limbah kopi juga berwarna hitam kecoklatan.

Sebelumnya, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang juga menemukan  lahan seluas 3 hektare yang dipenuhi oleh limbah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) di Kampung Jaha, Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan. **Baca juga: Limbah Kopi Torabika Tercecer di Kampung Jaha.

Kini, Satpol PP sedang berkoordinasi dengan pihak Badan Lingkungan Hidup daerah (BLHD) setempat guna menindaklanjuti temuan tersebut.(agm)

 

Berita Terbaru