oleh

Wabah PMK, DPRD Minta Pemkot Gelar Vaksin Hewan

Kabar6-Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk segera melakukan vaksinasi bagi hewan ternak terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Terlebih sekarang sudah mendekati Hari Raya Idul Adha.

“Saya kira kaitan dengan vaksin karena ini penting ya buat daya tahan tubuh hewan, saya kira semoga secepatnya Pemkot Tangerang. Kalau memang harus jemput bola ya jemput,” ujar Turidi, Sabtu, (9/10/2022).

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, pihaknya mendukung pengawasan dan pemeriksaan hewan ternak terutama hewan kurban yang dilakukan Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dalam meminimalisir kasus PMK.

“Kami mendukung DKP untuk mengecek secara keseluruhan tempat-tempat penjualan sapi, karena saya berharap besok di hari ‘H’ Idul Adha benar-benar sapi yang layak untuk disembelih,” katanya.

Turidi meminta DKP Kota Tangerang untuk segera berkoordinasi dengan kementerian agar bisa merealisasikan vaksinasi hewan ternak ini.

“Kita minta vaksinasi secepatnya supaya hewan ini bisa cepat pulih kembali,” katanya.

Vaksinasi hewan ternak segera dilakukan, agar hewan-hewan ini bisa terbebas dari wabah PMK. Terlebih, Kota Tangerang sebagai daerah dengan kasus PMK terbanyak se-Provinsi Banten dengan 800-an kasus, meski sebanyak 80,52 persennya hewan terjangkitnya sudah sembuh.

**Baca juga: Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Pasar NKR Dilantik, Ini Pesan Zaki

Turidi mengungkapkan, serangan wabah PMK ini sangat berdampak bagi para pedagang hewan ternak terutama pada pedagang hewan kurban masa menjelang Idul Adha 2022 ini.

“Pedagang itu mengeluh karena sapi-sapinya tidak bisa menjual sapi besar, hanya sekitaran sapi-sapi yang standar kecil. Kalau di atas bobot sudah besar itu dipastikan tidak bisa dijual karena penularan penyakit sangat cepat sekali,” tandasnya. (Oke)