oleh

Wabah Chikungunya, DPRD Tangsel Desak Dinkes Bangun Posko Kesehatan

Kabar6-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang Selatan mendesak agar Dinas Kesehatan membuat Posko Kesehatan dalam menangani wabah Chikungunya di RW 010, Kampung Rawa Lele, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat.

“Saya akan segera menghubungi Kepala Dinas Kesehatan untuk bikin posko kesehatan di RW tersebut, intinya bakal kita dorong,” ujarKetua Komisi II DPRD Kota Tangsel, Sukarya kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Kamis 13 Februari 2020.

Lanjutnya, kepala puskesmas harus konsen dengan masalah tersebut, agar virus Chikungunya tak merabah luas.

“Kesiapan dinas kesehatan, kader-kader kesehatan itu kan ada puskesmas, kepala puskesmas itu harus konsen itu, jangan sampai merabah banyak, jangan sampai merabah ke mana-mana,” jelasnya.

Sukarya menjelaskan, masalah ini tidak hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja, melainkan Dinas Lingkungan Hidup juga agar memerhatikan lingkungan tersebut agar tidak kumuh.

**Baca juga: Begini Cara Dinkes Tangsel Tangani Wabah Chikungunya di Ciputat.

“Lingkungan kumuh itu bukan hanya Dinas Kesehatan saja, bisa jadi Dinas Lingkungan Hidup, mereka harus bekerja sama disitu, tapi kalau dimungkinkan turun kelapangan dan meninjau ke lokasi,” tutupnya.

Diketahui, tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan Chikungunya, karena penderita akan sembuh dengan sendirinya. Dalam banyak kasus, gejala akan mereda dalam seminggu. Meski demikian, nyeri sendi dapat berlangsung hingga beberapa bulan.(eka)

Berita Terbaru