oleh

Wabah Chikungunya di Tangsel, ini Dua Pesan Bang Ben

Kabar6-Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie atau Bang Ben mengimbau dua hal kepada masyarakat atas mewabah nya virus Chikungunya ini.

“Imbauannya ada dua hal, yang pertama tentunya kalau ada gejala-gejala Chikungunya segera hubungi petugas medis kami, yang kedua kita potong siklus mata rantai perkembangan nyamuknya, makannya saya juga minta dilakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan dilakukan 3M (Menguras, Menutup, dan Membuang),” ujarnya kepada wartawan di RW 010, Kampung Rawa Lele, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Jumat (14/2/2020).

Benyamin menuturkan, penanganan dari penyakit ini adalah diberi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

“Yang tercatat ada 20 diduga penderita Chikungunya besok akan kita lakukan 2 hal, yang pertama akan kita lakukan fogging (pengasapan, red), yang kedua nanti ada beberapa yang diambil darah, untuk memastikan betul bahwa ini memang Chikungunya, karena ini harus diperiksa darah di Laboratorium. Wabah ini belum sampai endemik, baru tahun ini,” terangnya.

Benyamin meminta kerjasama nya kepada RT, RW maupun Kelurahan segera hubungi petugas medis terdekat jika ada gejala Chikungunya.

“Kalau perlu call center 112 kita dkakses, dan saya pertama kali tau ini adah informasi dari temen-temen wartawan, jadi silahkan gunakan semua saluran untuk memberikan informasi kepada kami, dan saya akan menurunkan temen-temen saya nantinya. Dan kita akan lakukan PSN 3M Plus (Pemberantasan Sarang Nyamuk) lakukan kebersihan lingkungan, kalau diperlukan peralatan hubungi temen-temen,” tuturnya.

Lanjutnya, demi mencegah hal ini meluas, nanti strategi dari Pemkot Tangsel akan lakukan fogging masal di wilayah Kota Tangerang Selatan.

**Baca juga: Pemkot Tangsel Anggap Wabah Chikungunya Masih Teratasi.

“Nanti mungkin itu salah satu strategi kita untuk memfogging masal di Tangerang Selatan, tapi dibeberapa daerah fogging juga sudah dilakukan, yang saya tau di Pesona Serpong juga sudah di fogging setelah banjir itu, tapi memang tolong temen-temen dari Dinas Kesehatan untuk mendata fogging sudah turun. Akan tetapi fogging itu hanya mengusir nyamuk jantan, nyamuk dewasanya, jentik nya ini yang harus diberantas juga, segera kalau ada gejala awal segera lapor puskesmas, puskesmas nanti melakukan tindakan ke lapangan dan membuat laporan ke tingkat atas,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru