oleh

Wabah Campak Serang 334 Warga Tangsel

Kabar6-Musim kemarau berkepanjangan berdampak pada meluasnya beragam wabah penyakit. Termasuk jenis penyakit campak yang telah menyerang ratusan warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Pada 2011sebanyak 654 kasus, sedangkan pada 2012 hingga minggu ke 37 tercatat sudah ada 334 kasus,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Dadang, kemarin.

Dadang mengklaim, setiap tahunnya penyebaran wabah campak di Kota Tangsel cenderung menurun. Kondisi tersebut menurutnya setelah program imunisasi campak digalakkan di seluruh sekolah dasar.

Pada bulan September hingga November mendatang, ujar Dadang. Dinas Kesehatan akan melakukan imunisasi kepada ribuan murid di 356 SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Imunisasi dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya anak yang terkena virus polio dan campak. Keberhasilan imunisasi yang membentuk kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

“Sesuai program untuk campak diberikan kepada seorang bayi empat kali sejak usia 9 bulan. Sedangkan, untuk imunisasi polio diberikan kepada anak dua kali sejak usia 9 bulan serta saat masuk kelas 1 SD,” ujarnya.

Selain itu, tambah Dadang, imunisasi juga untuk mengantisipasi adanya anak yang belum mendapatkan imunisasi secara rutin. Agar semua anak peroleh imunisasi maka program suntik kekebalan tubuh ini akan dilakukan seluruh SD dan MI.

“Untuk imunisasi di Puskesmas maupun di Posyandu juga bisa.  Kita harapkan program ini didukung semua pihak. Selain aparat desa juga warga yang memiliki anak,” terangnya.

Berdasarkan total keseluruhan murid kelas 1 di Kota Tangsel, imunisasi campak diberikan kepada 26.602 orang, kelas 2 dan 3 SD sebanyak 54.604 siswa sekota Tangsel selama tiga bulan kedepan.(yud)

Berita Terbaru