oleh

Viral di Filipina, Mahasiswa Disuruh Pakai Topi ‘Anti Sontek’

Kabar6-Sejumlah foto yang beredar di media sosial sontak viral, di mana para mahasiswa berkreasi membuat topi dengan beragam bahan dan bentuk yang lucu, entah dari karton, bekas tempat telur, atau bahan daur ulang lainnya.

Bukan tanpa sebab, melansir Globaltimes, rupanya hal itu dilakukan setelah seorang dosen di Kota Legazpi, Filipina, meminta para mahasiswanya memakai topi ‘anti sontek’ saat ujian, untuk mencegah mahasiswa mengintip lembar jawaban teman.

Profesor teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Bicol, Mary Joy Mandane-Ortiz, mengatakan bahwa dia mencari cara yang seru untuk memastikan integritas dan kejujuran para mahasiswa di kelasnya. Menurut Profesor Mandane-Ortiz, cara ini sangat efektif dilakukan saat ujian pertengahan semester beberapa waktu lalu.

Profesor Mandane-Ortiz menerangkan, dia terinspirasi dari teknik yang digunakan kampus di Thailand. Awal, Profesor meminta para mahasiswa membuat topi sederhana dari kertas. Tapi yang terjadi, para mahasiswa berkreasi dengan berbagai material bekas yang mereka temukan di sekeling.

Unggahan foto para mahasiswa dengan topi unik di Facebook Profesor Mandane-Ortiz mendapat ribuan ‘like’ dari netizen. Sejumlah media Filipina juga meliput hal unik ini. ** Baca juga: Di Jerman, Pemakaian Ganja untuk ‘Rekreasi’ Bakal Dilegalkan

Sekolah dan universitas lainnya di Filipina juga meminta siswa dan mahasiswanya memakai topi yang sama.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email