oleh

Viral, 289 Buruh Pabrik Sepatu di Tangerang Nangis Kena PHK

Kabar6-Sekelompok buruh berseragam putih lunglai dan tak sedikit yang terlihat menangis. Ratusan orang buruh PT Victory Chingluh Indonesia di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, itu kaget akibat kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Rizal (minta namanya disamarkan), salah satu buruh mengatakan ada sebanyak 289 orang buruh baru tiga bulan bekerja. Diakuinya bahwa rekan-rekan sejawatnya itu masih dalam masa percobaan.

“Dikumpulin dulu semua karyawan. Setelah itu langsung beritakan semua yang mengikuti masa percobaan itu di-PHK,” katanya kepada kabar6.com, Kamis (30/6/2022).

Cuplikan video memperlihatkan suasana isak tangis diwarnai hiruk pikuk. Rekaman video tersebut viral di media sosial.

Rizal memastikan dirinya sudah berstatus karyawan tetap sehingga tidak kena PHK. Meski demikian PHK tersebut diprediksi akan berdampak pada karyawan yang bekerja di bawah satu dan atau dua tahun.

“Saya takut aja karena saya baru satu tahun kerja, khawatir adanya PHK sesi kedua. Ini aja mendadak mas dikasih taunya oleh perusahaan,” jelasnya.

**Baca juga: Pemkab Tangerang Jalin Kerjasama dengan PT Indonesia Power, Garap TPA Jatiwaringin

Terpisah, Agus Dasana, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Victory Chingluh Indonesia mengatakan PHK tersebut ditujukan kepada karyawan dengan masa kerja di bawah tiga bulan.

“Oh itu benar, 289 buruh di PHK secara tiba-tiba, itu karyawan yang statusnya masih training,” ungkap Ketua SPSI, Agus saat di hubungi kabar6.com melalui telepon selulernya.(Rez)