oleh

Versi Kemensos, Sebaran Keluarga Miskin Tertinggi di Pakuhaji

image_pdfimage_print

Kabar6 – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia menyebutkan jumlah keluarga miskin di Kabupaten Tangerang masih didominasi di wilayah bagain Utara. Kategori penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita sebulan di bawah garis kemiskinan.

Sebaran jumlah keluarga miskin di Kabupaten Tangerang terbanyak yakni di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Total jumlahnya tercatat mencapai 17.983 keluarga.

Selain Kecamatan Pakhaji, jumlah keluarga miskin terbanyak di Kabupaten Tangerang terdapat di Kecamatan Teluknaga dengan jumlah 15.762 keluarga, kemudian di susul oleh Kecamatan Rajeg sebanyak 15.451 keluarga setelah itu Kecamatan Mauk dengan jumlah 13.109 keluarga.

Diketahui, mayoritas pekerjaan masyarakat Tangerang Utara yakni sebagai nelayan, buruh panggul dan buruh tani yang memiliki pendapatan sekitar Rp 500 ribu setiap bulannya.

Enjang (43), warga Pakuhaji yang berprofesi sebagai buruh serabutan mengaku hanya mendapatkan pendapatan sekitar Rp 20 per hari. Nominal uang yang ia terima harus bisa menghidupi istri dan tiga anaknya yang masih kecil.

“Ya di cukup-cukupin. Mayoritas warga disini cuma kerja serabutan dengan penghasilan rendah. Sedangkan kebutuhan pokok pada mahal,” katanya kepada Kabar6.com, Senin (11/5/2020).

**Baca juga: Geng Motor Bawa Senjata Tajam Keroyok Warga Mauk.

Menurutnya, masih banyak keluarga miskin yang pendapatannya lebih kecil dari pada dirinya. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah memberikan perhatian lebih kepada warga miskin di Tangerang Utara.

“Ya harapannya agar pemerintah lebih memperhatikan kami warga miskin di Tangerang Utara,” harapnya. (Vee)

Print Friendly, PDF & Email