oleh

Vaksinasi Massal di Tangsel Terhambat Stok Dosis dan Tenaga Medis

Kabar6-Pencapaian vaksinasi massal di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap virus Covid-19 baru sekitar 25 persen. Padahal target yang dipatok pemerintah pusat hingga Agustus besok mesti tercapai 70 persen.

“Ada beberapa kendala. Pertama distribusi vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendalin Mahdaniar kepada kabar6.com, Selasa (20/7/2021).

Menurutnya, pasokan dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Banten sepekan hanya 11 ribu. Kondisi itu menyebabkan pencapaian target herd immunity masih belum signifikan.

“Kedua adalah juga tenaga kesehatannya banyak yang isolasi mandiri juga,” jelas Alin. Pun jadwal yang sudah direncanakan pun terkadang ditunda dulu.

Ia menerangkan strategi mengejar target melibatkan masyarakat maupun pihak swasta juga. Termasuk juga melibatkan komunitas-komunitas untuk bisa membantu percepatan vaksinasi.

Jadi pada saat sekolah, lanjut Alin, komunitas-komunitas punya tenaga kesehatan sendiri tentunya akan dilakukan pelatihan-pelatihan. Mereka itu akan kita support vaksinnya.

**Baca juga: Pelaku UMKM Berharap PPKM Darurat Tidak Diperpanjang

“Sehingga tentunya tadi ya mempercepat pencapaian vaksinasi ini. Jadi sebenarnya adalah untuk vaksinasi ini cepat, banyak dan mandiri,” terangnya.

“Jadi kalau hanya cepat dan banyak saja tapi mengandalkan tenaga kesehatan yang ada di puskesmas kurang maksimal juga,” tambah Alin.(yud)

Berita Terbaru