oleh

Uttar Pradesh, Negara Bagian di India Usulkan Kebijakan Maksimal 2 Anak

Kabar6-Uttar Pradesh yang merupakan negara bagian terpadat di India, mengusulkan kebijakan maksimal dua anak. Uttar Pradesh menjadi negara bagian kedua yang diperintahkan oleh Perdana Menteri Narendra Modi untuk membuat usulan kebijakan tersebut.

Saat ini jumlah penduduk di negara bagian ini mencapai 240 juta. Kepadatan penduduk di negara bagian utara ini, melansir Insider, lebih dari dua kali lipat rata-rata nasional. Jika menjadi sebuah negara, dengan jumlah penduduk tersebut, maka Uttar Pradesh akan menjadi yang terpadat ke-5 di dunia.

Dalam rancangan undang-undang (RUU) tersebut disebutkan, pasangan yang memiliki lebih dari dua anak tidak akan mendapatkan tunjangan atau subsidi dari pemerintah.

Mereka juga akan dilarang melamar pekerjaan di pemerintahan negara bagian. RUU negara bagian ini membahas insentif untuk pasangan dua anak, jika salah satu dari mereka memilih untuk sterilisasi secara sukarela. Mereka akan dapat pinjaman lunak untuk konstruksi atau pembelian rumah dan potongan harga untuk tagihan listrik dan pajak properti.

Pendapatan per kapita di Uttar Pradesh kurang dari setengah rata-rata nasional. RUU ini terbuka untuk mendapat tanggapan dari masyarakat hingga Juli. Selanjutnya perlu diratifikasi oleh anggota parlemen negara bagian.

Diperkirakan, India akan menyalip Tiongkok sebagai negara terpadat di dunia pada 2027 mendatang. Namun hingga kini, di India belum ada kebijakan dua anak secara nasional. ** Baca juga: Pemerintah Jerman Bubarkan Geng Motor yang Sudah Berdiri Puluhan Tahun Karena Ingin Perluas Wilayah Kekuasaan

Negara bagian Assam di timur laut, yang juga diperintah oleh Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata, bulan lalu mengumumkan rencana untuk melakukan hal serupa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru