oleh

Usus Bocor Gara-gara Tak Sengaja Telan Tulang Ayam

Kabar6-Kasus tak biasa dialami oleh seorang pria berusia 56 tahun. Pria yang tidak disebutkan namanya itu mengalami kebocoran usus hingga dua kali setelah secara tidak sengaja menelan tulang ayam.

Menurut dr. Andrew James Brown dari Kingston Hospital di London, ini adalah kasus pertama objek asing yang sama dua kali membuat usus luka. Bagaimana kasus ini bisa terjadi?

Berawal ketika pria tadi datang ke rumah sakit dengan keluhan sudah tiga hari sakit perut parah. Melansir Dailymail, pemeriksaan menunjukkan tanda-tanda inflamasi tinggi di bagian kanan perut tapi masih belum jelas penyebabnya. Hingga akhirnya seorang ahli radiolog menyebut kemungkinan ada tulang ayam tidak sengaja tertelan. Barulah pria itu ingat bahwa dia sempat makan ayam goreng sebelum sakit.

Tak lama, kondisi pria tersebut sudah membaik, sehingga dokter hanya memberikan obat antibiotik dengan harapan tulang akan keluar dengan sendirinya. Selang dua bulan, pria itu ternyata kembali ke rumah sakit dengan gejala detak jantung tinggi, demam, hingga inflamasi di dinding perut.

Pasien pun dimasukkan ke ruang operasi darurat. Tak disangka, dokter menemukan dua lubang di ususnya dan kemudian menjahitnya. Saat itu dokter berusaha mengangkat tulang ayam yang diduga menjadi penyebab kebocoran usus. Sayangnya, tulang ayam itu tidak bisa ditemukan selama operasi.

Kondisi sakit perut sang pria sempat memburuk karena ada lubang udara dan bukaan abnormal di antara organ usai operasi. Namun setelah itu kondisinya membaik dengan pemeriksaan terakhir menemukan tulang ayam sudah sampai ke rektum. “Pasien kembali ke klinik setelah dua bulan dibolehkan pulang dan kondisinya sudah lebih baik,” kata Dr Andrew. ** Baca juga: Pada 2025, Harga Taksi Terbang Jerman Bakal Terjangkau Oleh Masyarakat Biasa

Lain kali harus lebih hati-hati makan ayam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru