oleh

Usir Kantuk melalui Kebiasaan Sederhana Ini

Kabar6-Mengantuk adalah hal wajar yang pernah dialami oleh semua orang. Menahan kantuk yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan, salah satunya Anda bisa terserang migren.

 

Nah, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengusir rasa kantuk?

 

1. Berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga Anda akan tetap segar dan berenergi sepanjang hari. ** Baca juga: Jangan Lakukan Ini Sesudah Makan

 

2. Tidur siang

Luangkan sedikit waktu untuk tidur siang, kurang lebih 30 menit, untuk memulihkan energi Anda yang hilang.

 

3. Atur ritme Anda

Anda dapat mengatur ritme kerja sesuai kondisi tubuh. Ritme kerja yang lebih pelan namun pasti, lebih baik daripada ritme yang terlalu cepat, sehingga justru akan membuat Anda akan cepat lelah.

 

4. Maksimalkan waktu istirahat pada malam hari

Kunci penting agar Anda tida mengantuk pada siang hari adalah waktu istirahat yang cukup pada malam hari. Atur waktu istirahat dengan tepat, dan berusahalah untuk tidak melanggarnya.

 

5. Konsumsi makanan sehat

Pola makan yang sehat dan tepat dapat menghindarkan Anda dari rasa kantuk pada siang hari. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berat untuk dicerna tubuh. Makanan berat akan membuat Anda merasa cepat lelah, sehingga dapat menimbulkan rasa kantuk.

 

6. Hadapi stres dengan bijak

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan rasa malas dan kantuk. Karena itulah motivasi diri Anda dengan hal-hal positif, sehingga efek negatif seperti malas dan rasa kantuk yang terus menerus dapat dihalau.

 

Tekad dan kemauan yang kuat dari dalam diri, mampu mengusir rasa kantuk dan dapat dialihkan ke hal-hal yang lebih produktif, sehingga memberikan efek positif untuk Anda. (ilj)

Berita Terbaru