oleh

Usia Berapa Anak Boleh Gunakan Medsos?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya orang dewasa, saat ini anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah pun sebagian besar sudah memiliki akun media sosial (medsos).

Meskipun ada beberapa hal positif yang bisa didapat, misalnya memudahkan anak berkomunikasi dengan sanak saudara dan teman yang tak dapat ditemui setiap hari, di sisi lain medsos membuat anak rentan mengalami pelecehan di dunia maya (cyberbullying). Entah itu ujaran kata kasar, ejekan, bahkan pelecehan seksual secara verbal melalui kata-kata berbau pornografi.

Karena itulah agar terhindar dari dampak buruk tersebut, dikutip dari Klik Dokter, orangtua perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengizinkan anak memiliki akun media sosial.

Waktu yang tepat yaitu saat anak memiliki kemampuan kognitif serta kecerdasan emosi dan sosial yang baik. Umumnya, anak usia 13 tahun telah memiliki hal tersebut. Sebagian besar media sosial mengharuskan penggunanya berusia minimal 13 tahun untuk dapat memiliki akun pribadi.

Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) pun mengatur hal yang sama dan melarang situs-situs online untuk mengambil data dari anak usia di bawah 13 tahun.

Namun orangtua pun perlu mendampingi dan memperhatikan aktivitas anak di media sosial, memberikan pemahaman kepada anak untuk tidak berinteraksi atau membagikan informasi personal kepada orang asing. ** Baca juga: Makanan & Minuman yang Pengaruhi Kesehatan Gigi Serta Mulut

Selain itu, orangtua harus mengajak anak membuat kesepakatan mengenai batasan waktu penggunaan media sosial. Mereka juga dapat menggunakan program pengawasan orangtua, agar anak terhindar dari akses terhadap informasi yang belum seharusnya ia terima.

Jadi, pertimbangkan dengan baik sebelum memperkenalkan anak pada media sosial.(ilj/bbs)

Berita Terbaru